Powered By Blogger

Tuesday, 14 February 2012

RMP STIKES AISYIYAH SEMESTER 1 2012


RENCANA MUTU PERKULIAHAN

Nama Dosen               : Fitri Kurniawan, S.Pd.
Program Studi             : Ilmu Keperawatan
Nama Mata Kuliah      : English
Jumlah SKS                : 1 (dua)
Semester                      : I (satu)
Alokasi Waktu            : 200 menit
Pertemuan                   : 1 dan 2
                       
I.              Standar Kompetensi:
Mahasiswa menguasai ketrampilan dan komponen berbahasa  Inggris tingkat dasar.

II.           Kompetensi Dasar:
         Menguasai kosakata bahasa inggris keperawatan

III.        Indikator:
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat
  1. Menghafalkan arti dan mengucapkan istilah- istilah keperawatan
  2. Mengetahui istilah – istilah penting dalam keperawatan

IV.        Materi Ajar:
English Vocabulary for Nursing

V.           Metode/ Strategi Pembelajaran :
Latihan/Drilling dan Memorization

VI.        Tahap Pembelajaran:
A.  Kegiatan Awal:
1.    Dosen membuka perkuliahan dan menjelaskan tentang pentingnya kemampuan mengetahui dan membedakan arti iistilah- istilah keperawatan dalam bahasa inggris
2.    Dosen menjelaskan topic yang akan dibahas.
B.  Kegiatan Inti:
1.    Dosen menjelaskan kosakata istilah keperawatan dalam bahasa Inggris
2.    Dosen memberi contoh bunyi ujaran  kosakata istilah keperawatan dalam bahasa Inggris
3.    Mahasiswa menirukan cara pengucapan bunyi ujaran secara bersama-sama
4.    Dosen menunjuk mahasiswa secara acak untuk mengucapkan beserta arti
5.    Secara berkelompok, mahasiswa mengidentifasi arti dan penulisan kosakata istilah keperawatan
6.    Dosen memberi komentar dan arahan hasil latihan
C.  Kegiatan Akhir :
1.    Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan memberi tugas hafalan kata.

VII.     Alat Bantu/ Bahan/ Sumber Belajar:
A.  Alat/ Media                                : LCD, Laptop, tape recorder
B.  Bahan/ Sumber Belajar :
              English Pronunciation in Use (Marianne Jordan, 2006)

VIII.  Penilaian:
A.  Teknik dan Instrumen Penilaian:
Tes lisan




RENCANA MUTU PERKULIAHAN

Nama Dosen               : Fitri Kurniawan, S.Pd.
Program Studi             : Ilmu Keperawatan
Nama Mata Kuliah      : English
Jumlah SKS                : Dua
Semester                      : I (Satu)
Alokasi Waktu            : 200 menit
Pertemuan                   : 3 dan 4
                       
 I. Standar Kompetensi:
Mahasiswa menguasai ketrampilan  dan komponen berbahasa  Inggris tingkat dasar.

 II. Kompetensi Dasar:
      Menguasai ketrarmpilan berbicara

 III. Indikator:
       Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat
1.      mengenalkan diri sendiri
2.      menyatakan hobi atau kesukaan hobi atau kesukaan
kepada orang lain
3.      menggunakan ungkapan-ungkapan dalam menanyakan dan memperkenalkan diri

 IV. Materi Ajar:
1.      Text bacaan tema memperkenalkan diri  sendiri dan hobi kesukaan
2.      contoh dialog sederhana tema memperkenalkan kesukaan dan keinginan
3.      Vocabulary list istilah hobi atau kesukaan dalam bahasa inggris

 V. Metode/ Strategi Pembelajaran :
      Ceramah, dan latihan

I.          Tahap Pembelajaran:
A.  Kegiatan Awal:
1.      Dosen membuka perkuliahan dan menanyakan cara-cara memperkenalkan diri dan orang lain
2.      Dosen member contoh istilah dalam memperkenalkan diri dan kesuakkan.
B.    Kegiatan Inti:
1. mengenalkan diri sendiri dan orang lain
2.    Menyatakan kesukaan dan hobi
3.    Mennyatakan kesukaan dan hobi kepada orang lain
4.    menggunakan ungkapan-ungkapan dalam bercakap-cakap ketika memperkenalkan diri
      C.    Kegiatan Akhir :
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan memberi tugas.






VII. Alat Bantu/ Bahan/ Sumber Belajar:
      A.    Alat/ Media                    : LCD, Laptop, tape recorder
      B.    Bahan/ Sumber Belajar   :
Academic Listening dan Speaking Book (Angela Blackwell and Therese Naber (2006)

 VII.  Penilaian:
          Teknik dan Instrumen Penilaian: lisan

RENCANA MUTU PERKULIAHAN

Nama Dosen               : Fitri Kurniawan, S.Pd.
Program Studi             : Ilmu Keprawatan
Nama Mata Kuliah      : English
Jumlah SKS                : 2 (dua)
Semester                      : 2 (dua)
Alokasi Waktu            : 200 menit
Pertemuan                   : 5 dan 6
           
 I. Standar Kompetensi:
Mahasiswa menguasai ketrampilan  dan komponen berbahasa  Inggris tingkat dasar.

I.    Kompetensi Dasar:
    Menguasai ketrampilan membaca

II.       Indikator:
       Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat
1.      menggunakan strategi membaca Answering Question dalam memahami bacaan.
2.      menggunakan ketrampilan membaca Monitoring Comprehension dalam membaca bacaan
3.      menggunakan strategi membaca Summarizing untuk menjawab pertanyaan textual bacaan
4.      menerjemahkan text dengan metacognition

 IV. Materi Ajar:
  1. Beragam text

V.   V. Metode/ Strategi Pembelajaran :
      Ceramah, diskusi, dan latihan

       VI. Tahap Pembelajaran:
       A.  Kegiatan Awal:
  1. Dosen membuka perkuliahan dan menanyakan cara-cara memperkenalkan diri dan mengungkapkan kesukaan kepada orang lain
  2. Dosen membahas topik yang akan dibahas.
      B.   Kegiatan Inti:
  1. Dosen dan mahasiswa membahas isi bacaan
  2. Dosen menjelaskan daftar kosakata dalam bacaan
  3. Dosen memberi penjelasan tentang makna bacaan
  4. Dosen memberi contoh tentang strategi memahami bacaan answering question dan summarizing
  5. Dosen menjelaskan strategi membaca monitoring comprehension dan metacognition.
  6. Mahasiswa berlatih membaca dengan menggunakan monitoring comprehension dan metacognition dan menjawab pertanyaan berdasarkan text.
      C.    Kegiatan Akhir :
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan memberi tugas.

VII. Alat Bantu/ Bahan/ Sumber Belajar:
      A.    Alat/ Media                    : LCD, Laptop, texts tulis
      B.    Bahan/ Sumber Belajar   :
             Reading Texts http://www.witchhazel.it/small_text.htm

 VII.  Penilaian:
         Teknik dan Instrumen Penilaian: Tes tertulis dan  portofolio
     
            
 



RENCANA MUTU PERKULIAHAN

Nama Dosen               : Fitri Kurniawan, S.Pd.
Program Studi             : Ilmu Keperawatan
Nama Mata Kuliah      : English
Jumlah SKS                : 2 (dua)
Semester                      : 1 (Satu)
Alokasi Waktu            : 200 menit
Pertemuan                   : 7 dan 8
           
 I. Standar Kompetensi:
Mahasiswa menguasai ketrampilan  dan komponen berbahasa  Inggris tingkat dasar.

 II. Kompetensi Dasar:
    Menguasai ketrampilan menulis

 III. Indikator:
       Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat
1.      menulis kalimat sederhana dengan simple tenses
2.      mengorganisasi kalimat dengan simple tenses

 IV. Materi Ajar:
Beragam jenis paragraph dalam simple tenses

V.   V. Metode/ Strategi Pembelajaran :
      Ceramah, diskusi, dan latihan

       VI. Tahap Pembelajaran:
       A.  Kegiatan Awal:
  1. Dosen membuka perkuliahan dan menanyakan cara-cara mendeskripsikan tentang kesukaan
  2. Dosen membahas topik yang akan dibahas.
      B.   Kegiatan Inti:
  1. Dosen membahas berbagai cara menulis paragrap
  2. Dosen memberi contoh tentang cara-cara mengembangkan paragraf
  3. Dosen memberi penjelasan tentang organisasi simple tenses
  4. Dosen menugasi mahasiswa untuk mengembangkan paragraph dengan simple tenses
  5. mahasiswa berlatih menulis dengan simple tenses
  6. secara bergiliran dosen mengecek hasil tulisan siswa
  7. dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang komposisi tulisan mereka

      C.    Kegiatan Akhir :
Dosen meminta mahasiswa untuk merivisi hasil diskusi dengan pasangan masing-masing dengan bantuan dosen.

VII. Alat Bantu/ Bahan/ Sumber Belajar:
      A.    Alat/ Media                     : LCD, Laptop, model paragraf
      B.    Bahan/ Sumber Belajar   :
              Paragraph http://www2.actden.com/Writ_Den/Tips/paragrap/index.htm

 VII.  Penilaian:
         Teknik dan Instrumen Penilaian: Tes tertulis dan portofolio
            
 



RENCANA MUTU PERKULIAHAN

Nama Dosen               : Fitri Kurniawan, S.Pd.
Program Studi             : Ilmu Keperawatan                           
Nama Mata Kuliah      : General English
Jumlah SKS                : II (dua)
Semester                      : I (satu)
Alokasi Waktu            : 200 menit
Pertemuan                   : 9, 10, 11, 12
           
 I. Standar Kompetensi:
Mahasiswa menguasai ketrampilan  dan komponen berbahasa  Inggris tingkat dasar.

 II. Kompetensi Dasar:
      Mahasiswa menguasai 500 kosa kata

 III. Indikator:
       Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat
  1. menghafalkan kata-kata maupun ungkapan-ungkapan yang diperlukan dalam berbicara, membaca, maupun menulis
  2. menggunakan  kata-kata maupun ungkapan-ungkapan yang diperlukan dalam berbicara, membaca, maupun menulis

 IV. Materi Ajar:
500 kosa kata dalam Vocabulary  List

V.   V. Metode/ Strategi Pembelajaran :
     Diskusi, dan latihan

       VI. Tahap Pembelajaran:
       A.  Kegiatan Awal:
1.      Dosen membuka perkuliahan dan menanyakan beberapa kosa kata dalam text yang diberikan
2.      Dosen membahas topik yang akan dibahas.
      B.   Kegiatan Inti:
  1. Dosen dan mahasiswa membahas kosa kata dalam bacaan
  2. Dosen memberi penjelasan tentang cara mengartikan kata dalam bahasa Inggris.
  3. Dosen memberi contoh strategi menebak kata-kata sulit
  4. mahasiswa dan dosen membahas penggunaan kata dalam kalimat
  5. Dosen menugasi mahasiswa untuk menghafalkan 15 kosa kata dalam satu minggu.
  6. Dosen mengevaluasi kosa kata yang dihafalkan mahasiswa setiap pertemuan
      C.    Kegiatan Akhir :
Dosen memberi tugas hafalan pada mahasiswa.

VII. Alat Bantu/ Bahan/ Sumber Belajar:
      A.    Alat/ Media                     : LCD, Laptop, tape recorder
      B.    Bahan/ Sumber Belajar   :
              General Service List jbauman.com/aboutgsl.html

 VII.  Penilaian:
        Teknik dan Instrumen Penilaian: Tes tertulis dan  portofolio
     
            
 


RENCANA MUTU PERKULIAHAN

Nama Dosen               :Fitri Kurniawan, S.Pd.
Program Studi             : Ilmu Keperawatan
Nama Mata Kuliah      : English
Jumlah SKS                : II (dua)
Semester                      : I (satu)
Alokasi Waktu            : 200 menit
Pertemuan                   : 13 dan 14
           
 I. Standar Kompetensi:
Mahasiswa menguasai ketrampilan  dan komponen berbahasa  Inggris tingkat dasar.

 II. Kompetensi Dasar:
    Menguasai tenses, kalimat sederhana

 III. Indikator:
       Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat
  1. menulis kalimat dengan tenses yang tepat
  2. menulis kalimat sederhana dengan benar
  3. menulis kalimat komplek  dengan benar

 IV. Materi Ajar:
  1. Tenses, simple sentence, compound sentence

V.   V. Metode/ Strategi Pembelajaran :
      Ceramah, diskusi, dan latihan

       VI. Tahap Pembelajaran:
       A.  Kegiatan Awal:
  1. Dosen membuka perkuliahan dan menanyakan tentang suatu kejadian masa lampau
  2. Dosen menanyakan tenses yang digunakan untuk menggambarkan kejadian di masa lampau.
      B.   Kegiatan Inti:
  1. Dosen dan mahasiswa mendiskusikan cara menyusun kalimat sederhana
  2. Mahasiswa memberi contoh penulisan kalimat sedarhana
  3. mahasiswa berlatih menyususn berbagai jenis kalimat dengan tenses yang benar.
      C.    Kegiatan Akhir :
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan memberi tugas.

VII. Alat Bantu/ Bahan/ Sumber Belajar:
      A.    Alat/ Media                     : LCD, Laptop, tape recorder
      B.    Bahan/ Sumber Belajar   :
       Practical English Grammar (Michael Swan)


 VII.  Penilaian:
         Teknik dan Instrumen Penilaian: Tes tertulis
     
            
 






No comments:

Post a Comment