RENCANA MUTU
PERKULIAHAN
Nama Dosen :
Fitri Kurniawan, S.Pd.
Program Studi :
Ilmu Keperawatan
Nama Mata Kuliah :
English
Jumlah SKS :
1 (dua)
Semester :
I (satu)
Alokasi Waktu :
200 menit
Pertemuan :
1 dan 2
I.
Standar Kompetensi:
Mahasiswa menguasai
ketrampilan dan komponen berbahasa
Inggris tingkat dasar.
|
|
II.
Kompetensi Dasar:
Menguasai kosakata
bahasa inggris keperawatan
|
|
III.
Indikator:
Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat
|
|
IV.
Materi Ajar:
English Vocabulary
for Nursing
|
|
V.
Metode/ Strategi Pembelajaran :
Latihan/Drilling
dan Memorization
|
|
VI.
Tahap Pembelajaran:
A. Kegiatan
Awal:
1.
Dosen membuka perkuliahan dan menjelaskan tentang pentingnya kemampuan mengetahui
dan membedakan arti iistilah- istilah keperawatan dalam bahasa inggris
2.
Dosen menjelaskan
topic yang akan dibahas.
B. Kegiatan
Inti:
1.
Dosen menjelaskan kosakata istilah keperawatan dalam
bahasa Inggris
2.
Dosen memberi contoh bunyi ujaran kosakata istilah keperawatan dalam bahasa
Inggris
3.
Mahasiswa menirukan cara pengucapan bunyi ujaran
secara bersama-sama
4.
Dosen menunjuk mahasiswa secara acak untuk mengucapkan
beserta arti
5.
Secara berkelompok, mahasiswa mengidentifasi arti dan
penulisan kosakata istilah keperawatan
6.
Dosen memberi komentar dan arahan hasil latihan
C. Kegiatan
Akhir :
1.
Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan memberi
tugas hafalan kata.
|
|
VII.
Alat Bantu/ Bahan/ Sumber Belajar:
A. Alat/
Media : LCD, Laptop, tape recorder
B. Bahan/
Sumber Belajar :
English Pronunciation in Use
(Marianne Jordan, 2006)
|
|
VIII.
Penilaian:
A. Teknik
dan Instrumen Penilaian:
Tes lisan
|
RENCANA MUTU
PERKULIAHAN
Nama Dosen :
Fitri Kurniawan, S.Pd.
Program Studi :
Ilmu Keperawatan
Nama Mata Kuliah :
English
Jumlah SKS :
Dua
Semester :
I (Satu)
Alokasi Waktu :
200 menit
Pertemuan :
3 dan 4
I. Standar Kompetensi:
Mahasiswa menguasai
ketrampilan dan komponen
berbahasa Inggris tingkat dasar.
|
|
II. Kompetensi Dasar:
Menguasai
ketrarmpilan berbicara
|
|
III. Indikator:
Setelah mengikuti perkuliahan
mahasiswa diharapkan dapat
1.
mengenalkan diri sendiri
2.
menyatakan hobi atau kesukaan hobi atau kesukaan
kepada orang lain
3.
menggunakan ungkapan-ungkapan dalam menanyakan dan
memperkenalkan diri
|
|
IV. Materi Ajar:
1.
Text bacaan tema memperkenalkan diri sendiri dan hobi kesukaan
2.
contoh dialog sederhana tema memperkenalkan kesukaan
dan keinginan
3.
Vocabulary list istilah hobi atau kesukaan dalam
bahasa inggris
|
|
V. Metode/ Strategi Pembelajaran :
Ceramah, dan latihan
|
|
I.
Tahap Pembelajaran:
A. Kegiatan Awal:
1.
Dosen membuka perkuliahan dan menanyakan cara-cara
memperkenalkan diri dan orang lain
2.
Dosen member
contoh istilah dalam memperkenalkan diri dan kesuakkan.
B. Kegiatan Inti:
1. mengenalkan diri sendiri
dan orang lain
2.
Menyatakan kesukaan dan hobi
3.
Mennyatakan kesukaan dan hobi kepada orang lain
4.
menggunakan ungkapan-ungkapan dalam bercakap-cakap ketika
memperkenalkan diri
C.
Kegiatan Akhir :
Dosen
membuat rangkuman hasil diskusi dan memberi tugas.
|
|
VII. Alat Bantu/ Bahan/ Sumber
Belajar:
A.
Alat/ Media : LCD, Laptop, tape recorder
B.
Bahan/ Sumber Belajar :
Academic Listening dan Speaking
Book (Angela Blackwell and Therese Naber (2006)
|
|
VII. Penilaian:
Teknik dan Instrumen Penilaian:
lisan
|
RENCANA MUTU
PERKULIAHAN
Nama Dosen :
Fitri Kurniawan, S.Pd.
Program Studi :
Ilmu Keprawatan
Nama Mata Kuliah :
English
Jumlah SKS :
2 (dua)
Semester :
2 (dua)
Alokasi Waktu :
200 menit
Pertemuan :
5 dan 6
I. Standar Kompetensi:
Mahasiswa menguasai
ketrampilan dan komponen
berbahasa Inggris tingkat dasar.
|
|
I.
Kompetensi Dasar:
Menguasai ketrampilan
membaca
|
|
II.
Indikator:
Setelah mengikuti perkuliahan
mahasiswa diharapkan dapat
1.
menggunakan strategi membaca Answering Question dalam memahami bacaan.
2.
menggunakan ketrampilan membaca Monitoring Comprehension dalam membaca bacaan
3.
menggunakan strategi membaca Summarizing untuk menjawab pertanyaan textual bacaan
4.
menerjemahkan
text dengan metacognition
|
|
IV. Materi Ajar:
|
|
V. V. Metode/ Strategi Pembelajaran :
Ceramah, diskusi, dan latihan
|
|
VI. Tahap Pembelajaran:
A.
Kegiatan Awal:
B.
Kegiatan Inti:
C.
Kegiatan Akhir :
Dosen
membuat rangkuman hasil diskusi dan memberi tugas.
|
|
VII. Alat Bantu/ Bahan/ Sumber
Belajar:
A.
Alat/ Media : LCD, Laptop, texts tulis
B.
Bahan/ Sumber Belajar :
Reading Texts http://www.witchhazel.it/small_text.htm
|
|
VII. Penilaian:
Teknik dan Instrumen Penilaian: Tes
tertulis dan portofolio
|
RENCANA MUTU
PERKULIAHAN
Nama Dosen :
Fitri Kurniawan, S.Pd.
Program Studi :
Ilmu Keperawatan
Nama Mata Kuliah :
English
Jumlah SKS :
2 (dua)
Semester :
1 (Satu)
Alokasi Waktu :
200 menit
Pertemuan :
7 dan 8
I. Standar Kompetensi:
Mahasiswa menguasai
ketrampilan dan komponen
berbahasa Inggris tingkat dasar.
|
|
II. Kompetensi Dasar:
Menguasai
ketrampilan menulis
|
|
III. Indikator:
Setelah mengikuti perkuliahan
mahasiswa diharapkan dapat
1.
menulis
kalimat sederhana dengan simple tenses
2.
mengorganisasi
kalimat dengan simple tenses
|
|
IV. Materi Ajar:
Beragam jenis paragraph dalam simple tenses
|
|
V. V. Metode/ Strategi Pembelajaran :
Ceramah, diskusi, dan latihan
|
|
VI. Tahap Pembelajaran:
A.
Kegiatan Awal:
B.
Kegiatan Inti:
C.
Kegiatan Akhir :
Dosen meminta
mahasiswa untuk merivisi hasil diskusi dengan pasangan masing-masing dengan
bantuan dosen.
|
|
VII. Alat Bantu/ Bahan/ Sumber
Belajar:
A.
Alat/ Media : LCD, Laptop, model
paragraf
B.
Bahan/ Sumber Belajar :
Paragraph http://www2.actden.com/Writ_Den/Tips/paragrap/index.htm
|
|
VII. Penilaian:
Teknik dan Instrumen Penilaian: Tes
tertulis dan portofolio
|
RENCANA MUTU
PERKULIAHAN
Nama Dosen :
Fitri Kurniawan, S.Pd.
Program Studi :
Ilmu Keperawatan
Nama Mata Kuliah :
General English
Jumlah SKS :
II (dua)
Semester :
I (satu)
Alokasi Waktu :
200 menit
Pertemuan :
9, 10, 11, 12
I. Standar Kompetensi:
Mahasiswa menguasai
ketrampilan dan komponen
berbahasa Inggris tingkat dasar.
|
|
II. Kompetensi Dasar:
Mahasiswa menguasai 500 kosa kata
|
|
III. Indikator:
Setelah mengikuti perkuliahan
mahasiswa diharapkan dapat
|
|
IV. Materi Ajar:
500 kosa
kata dalam Vocabulary List
|
|
V. V. Metode/ Strategi Pembelajaran :
Diskusi, dan latihan
|
|
VI. Tahap Pembelajaran:
A.
Kegiatan Awal:
1.
Dosen membuka perkuliahan dan menanyakan beberapa
kosa kata dalam text yang diberikan
2.
Dosen
membahas topik yang akan dibahas.
B.
Kegiatan Inti:
C.
Kegiatan Akhir :
Dosen memberi
tugas hafalan pada mahasiswa.
|
|
VII. Alat Bantu/ Bahan/ Sumber
Belajar:
A.
Alat/ Media : LCD, Laptop, tape
recorder
B.
Bahan/ Sumber Belajar :
General Service List jbauman.com/aboutgsl.html
|
|
VII. Penilaian:
Teknik dan Instrumen Penilaian: Tes
tertulis dan portofolio
|
RENCANA MUTU
PERKULIAHAN
Nama Dosen :Fitri
Kurniawan, S.Pd.
Program Studi :
Ilmu Keperawatan
Nama Mata Kuliah :
English
Jumlah SKS :
II (dua)
Semester :
I (satu)
Alokasi Waktu :
200 menit
Pertemuan :
13 dan 14
I. Standar Kompetensi:
Mahasiswa menguasai
ketrampilan dan komponen
berbahasa Inggris tingkat dasar.
|
|
II. Kompetensi Dasar:
Menguasai tenses, kalimat sederhana
|
|
III. Indikator:
Setelah mengikuti perkuliahan
mahasiswa diharapkan dapat
|
|
IV. Materi Ajar:
|
|
V. V. Metode/ Strategi Pembelajaran :
Ceramah, diskusi, dan latihan
|
|
VI. Tahap Pembelajaran:
A.
Kegiatan Awal:
B.
Kegiatan Inti:
C.
Kegiatan Akhir :
Dosen
membuat rangkuman hasil diskusi dan memberi tugas.
|
|
VII. Alat Bantu/ Bahan/ Sumber
Belajar:
A.
Alat/ Media : LCD, Laptop, tape
recorder
B.
Bahan/ Sumber Belajar :
Practical English Grammar (Michael
Swan)
|
|
VII. Penilaian:
Teknik dan Instrumen Penilaian: Tes
tertulis
|