RENCANA MUTU
PERKULIAHAN
Nama Dosen               :
Fitri Kurniawan, S.Pd.
Program Studi             :
Ilmu Keperawatan
Nama Mata Kuliah      :
English
Jumlah SKS                :
1 (dua)
Semester                      :
I (satu)
Alokasi Waktu            :
200 menit
Pertemuan                   :
1 dan 2
| 
   
I.             
  Standar Kompetensi: 
Mahasiswa menguasai
  ketrampilan dan komponen berbahasa 
  Inggris tingkat dasar.  
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
II.          
  Kompetensi Dasar: 
         Menguasai kosakata
  bahasa inggris keperawatan 
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
III.       
  Indikator: 
Setelah
  mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat  
  | 
 
| 
   | 
 
| 
   
IV.       
  Materi Ajar: 
English Vocabulary
  for Nursing 
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
V.          
  Metode/ Strategi Pembelajaran :  
Latihan/Drilling
  dan Memorization 
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
VI.       
  Tahap Pembelajaran: 
A.  Kegiatan
  Awal: 
1.   
  Dosen membuka perkuliahan dan menjelaskan tentang pentingnya kemampuan mengetahui
  dan membedakan arti iistilah- istilah keperawatan dalam bahasa inggris 
2.   
  Dosen menjelaskan
  topic yang akan dibahas. 
B.  Kegiatan
  Inti: 
1.   
  Dosen menjelaskan kosakata istilah keperawatan dalam
  bahasa Inggris 
2.   
  Dosen memberi contoh bunyi ujaran  kosakata istilah keperawatan dalam bahasa
  Inggris  
3.   
  Mahasiswa menirukan cara pengucapan bunyi ujaran
  secara bersama-sama 
4.   
  Dosen menunjuk mahasiswa secara acak untuk mengucapkan
  beserta arti 
5.   
  Secara berkelompok, mahasiswa mengidentifasi arti dan
  penulisan kosakata istilah keperawatan  
6.   
  Dosen memberi komentar dan arahan hasil latihan 
C.  Kegiatan
  Akhir : 
1.   
  Dosen membuat rangkuman hasil diskusi dan memberi
  tugas hafalan kata. 
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
VII.    
  Alat Bantu/ Bahan/ Sumber Belajar: 
A.  Alat/
  Media                                : LCD, Laptop, tape recorder 
B.  Bahan/
  Sumber Belajar :  
              English Pronunciation in Use
  (Marianne Jordan, 2006) 
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
VIII. 
  Penilaian: 
A.  Teknik
  dan Instrumen Penilaian: 
Tes lisan 
 | 
 
RENCANA MUTU
PERKULIAHAN
Nama Dosen               :
Fitri Kurniawan, S.Pd.
Program Studi             :
Ilmu Keperawatan
Nama Mata Kuliah      :
English
Jumlah SKS                :
Dua
Semester                      :
I (Satu)
Alokasi Waktu            :
200 menit
Pertemuan                   :
3 dan 4
| 
   
 I. Standar Kompetensi: 
Mahasiswa menguasai
  ketrampilan  dan komponen
  berbahasa  Inggris tingkat dasar.  
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
 II. Kompetensi Dasar: 
      Menguasai
  ketrarmpilan berbicara  
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
 III. Indikator: 
       Setelah mengikuti perkuliahan
  mahasiswa diharapkan dapat  
1.     
  mengenalkan diri sendiri  
2.     
  menyatakan hobi atau kesukaan hobi atau kesukaan  
kepada orang lain 
3.     
  menggunakan ungkapan-ungkapan dalam menanyakan dan
  memperkenalkan diri  
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
 IV. Materi Ajar: 
1.     
  Text bacaan tema memperkenalkan diri  sendiri dan hobi kesukaan 
2.     
  contoh dialog sederhana tema memperkenalkan kesukaan
  dan keinginan 
3.     
  Vocabulary list istilah hobi atau kesukaan dalam
  bahasa inggris 
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
 V. Metode/ Strategi Pembelajaran :  
      Ceramah, dan latihan  
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
I.         
  Tahap Pembelajaran: 
A.  Kegiatan Awal: 
1.     
  Dosen membuka perkuliahan dan menanyakan cara-cara
  memperkenalkan diri dan orang lain  
2.     
  Dosen member
  contoh istilah dalam memperkenalkan diri dan kesuakkan. 
B.    Kegiatan Inti: 
1. mengenalkan diri sendiri
  dan orang lain  
2.   
  Menyatakan kesukaan dan hobi 
3.   
  Mennyatakan kesukaan dan hobi kepada orang lain 
4.   
  menggunakan ungkapan-ungkapan dalam bercakap-cakap ketika
  memperkenalkan diri 
      C.   
  Kegiatan Akhir : 
Dosen
  membuat rangkuman hasil diskusi dan memberi tugas. 
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
VII. Alat Bantu/ Bahan/ Sumber
  Belajar: 
      A.   
  Alat/ Media                    : LCD, Laptop, tape recorder 
      B.   
  Bahan/ Sumber Belajar   :  
Academic Listening dan Speaking
  Book (Angela Blackwell and Therese Naber (2006) 
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
 VII.  Penilaian: 
          Teknik dan Instrumen Penilaian:
  lisan 
 | 
 
RENCANA MUTU
PERKULIAHAN
Nama Dosen               :
Fitri Kurniawan, S.Pd.
Program Studi             :
Ilmu Keprawatan
Nama Mata Kuliah      :
English
Jumlah SKS                :
2 (dua)
Semester                      :
2 (dua)
Alokasi Waktu            :
200 menit
Pertemuan                   :
5 dan 6
| 
   
 I. Standar Kompetensi: 
Mahasiswa menguasai
  ketrampilan  dan komponen
  berbahasa  Inggris tingkat dasar.  
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
I.   
  Kompetensi Dasar: 
    Menguasai ketrampilan
  membaca  
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
II.      
  Indikator: 
       Setelah mengikuti perkuliahan
  mahasiswa diharapkan dapat  
1.     
  menggunakan strategi membaca Answering Question dalam memahami bacaan. 
2.     
  menggunakan ketrampilan membaca Monitoring Comprehension dalam membaca bacaan 
3.     
  menggunakan strategi membaca Summarizing untuk menjawab pertanyaan textual bacaan 
4.     
  menerjemahkan
  text dengan metacognition 
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
 IV. Materi Ajar: 
  | 
 
| 
   | 
 
| 
   
V.   V. Metode/ Strategi Pembelajaran :  
      Ceramah, diskusi, dan latihan  
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
       VI. Tahap Pembelajaran: 
       A. 
  Kegiatan Awal: 
 
      B.  
  Kegiatan Inti: 
 
      C.   
  Kegiatan Akhir : 
Dosen
  membuat rangkuman hasil diskusi dan memberi tugas. 
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
VII. Alat Bantu/ Bahan/ Sumber
  Belajar: 
      A.   
  Alat/ Media                    : LCD, Laptop, texts tulis 
      B.   
  Bahan/ Sumber Belajar   :  
             Reading Texts http://www.witchhazel.it/small_text.htm 
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
 VII.  Penilaian: 
         Teknik dan Instrumen Penilaian: Tes
  tertulis dan  portofolio 
 | 
 
RENCANA MUTU
PERKULIAHAN
Nama Dosen               :
Fitri Kurniawan, S.Pd.
Program Studi             :
Ilmu Keperawatan
Nama Mata Kuliah      :
English
Jumlah SKS                :
2 (dua)
Semester                      :
1 (Satu)
Alokasi Waktu            :
200 menit
Pertemuan                   :
7 dan 8
| 
   
 I. Standar Kompetensi: 
Mahasiswa menguasai
  ketrampilan  dan komponen
  berbahasa  Inggris tingkat dasar.  
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
 II. Kompetensi Dasar: 
    Menguasai
  ketrampilan menulis  
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
 III. Indikator: 
       Setelah mengikuti perkuliahan
  mahasiswa diharapkan dapat  
1.     
  menulis
  kalimat sederhana dengan simple tenses 
2.     
  mengorganisasi
  kalimat dengan simple tenses 
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
 IV. Materi Ajar: 
Beragam jenis paragraph dalam simple tenses 
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
V.   V. Metode/ Strategi Pembelajaran :  
      Ceramah, diskusi, dan latihan  
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
       VI. Tahap Pembelajaran: 
       A. 
  Kegiatan Awal: 
 
      B.  
  Kegiatan Inti: 
 
      C.   
  Kegiatan Akhir : 
Dosen meminta
  mahasiswa untuk merivisi hasil diskusi dengan pasangan masing-masing dengan
  bantuan dosen. 
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
VII. Alat Bantu/ Bahan/ Sumber
  Belajar: 
      A.   
  Alat/ Media                     : LCD, Laptop, model
  paragraf 
      B.   
  Bahan/ Sumber Belajar   :  
              Paragraph http://www2.actden.com/Writ_Den/Tips/paragrap/index.htm 
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
 VII.  Penilaian: 
         Teknik dan Instrumen Penilaian: Tes
  tertulis dan portofolio 
 | 
 
RENCANA MUTU
PERKULIAHAN
Nama Dosen               :
Fitri Kurniawan, S.Pd.
Program Studi             :
Ilmu Keperawatan                            
Nama Mata Kuliah      :
General English
Jumlah SKS                :
II (dua)
Semester                      :
I (satu)
Alokasi Waktu            :
200 menit
Pertemuan                   :
9, 10, 11, 12
| 
   
 I. Standar Kompetensi: 
Mahasiswa menguasai
  ketrampilan  dan komponen
  berbahasa  Inggris tingkat dasar.  
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
 II. Kompetensi Dasar: 
      Mahasiswa menguasai 500 kosa kata  
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
 III. Indikator: 
       Setelah mengikuti perkuliahan
  mahasiswa diharapkan dapat  
  | 
 
| 
   | 
 
| 
   
 IV. Materi Ajar: 
500 kosa
  kata dalam Vocabulary  List  
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
V.   V. Metode/ Strategi Pembelajaran :  
     Diskusi, dan latihan  
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
       VI. Tahap Pembelajaran: 
       A. 
  Kegiatan Awal: 
1.     
  Dosen membuka perkuliahan dan menanyakan beberapa
  kosa kata dalam text yang diberikan 
2.     
  Dosen
  membahas topik yang akan dibahas. 
      B.  
  Kegiatan Inti: 
 
      C.   
  Kegiatan Akhir : 
Dosen memberi
  tugas hafalan pada mahasiswa. 
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
VII. Alat Bantu/ Bahan/ Sumber
  Belajar: 
      A.   
  Alat/ Media                     : LCD, Laptop, tape
  recorder 
      B.   
  Bahan/ Sumber Belajar   :  
              General Service List jbauman.com/aboutgsl.html
   
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
 VII.  Penilaian: 
        Teknik dan Instrumen Penilaian: Tes
  tertulis dan  portofolio 
 | 
 
RENCANA MUTU
PERKULIAHAN
Nama Dosen               :Fitri
Kurniawan, S.Pd.
Program Studi             :
Ilmu Keperawatan
Nama Mata Kuliah      :
English
Jumlah SKS                :
II (dua)
Semester                      :
I (satu)
Alokasi Waktu            :
200 menit
Pertemuan                   :
13 dan 14
| 
   
 I. Standar Kompetensi: 
Mahasiswa menguasai
  ketrampilan  dan komponen
  berbahasa  Inggris tingkat dasar.  
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
 II. Kompetensi Dasar: 
    Menguasai tenses, kalimat sederhana  
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
 III. Indikator: 
       Setelah mengikuti perkuliahan
  mahasiswa diharapkan dapat  
  | 
 
| 
   | 
 
| 
   
 IV. Materi Ajar: 
  | 
 
| 
   | 
 
| 
   
V.   V. Metode/ Strategi Pembelajaran :  
      Ceramah, diskusi, dan latihan  
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
       VI. Tahap Pembelajaran: 
       A. 
  Kegiatan Awal: 
 
      B.  
  Kegiatan Inti: 
 
      C.   
  Kegiatan Akhir : 
Dosen
  membuat rangkuman hasil diskusi dan memberi tugas. 
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
VII. Alat Bantu/ Bahan/ Sumber
  Belajar: 
      A.   
  Alat/ Media                     : LCD, Laptop, tape
  recorder 
      B.   
  Bahan/ Sumber Belajar   :  
       Practical English Grammar (Michael
  Swan) 
 | 
 
| 
   | 
 
| 
   
 VII.  Penilaian: 
         Teknik dan Instrumen Penilaian: Tes
  tertulis  
 | 
 
